June 20, 2009

MENGEMBALIKAN FILE HIDDEN GARA-GARA VIRUS

Pernahkah Anda kehilangan file yang penting di flashdisk? Akan tetapi saat drive flashdisk di klik kanan – properties, di dalam flashdisk masih terdapat memori yang digunakan.

Salah satu penyebabnya adalah virus. Virus ini menyembunyikan file asli yang di beri atribut hidden – system (biasa disebut super hidden).

Namun, sebelum mengembalikan file yang super hidden tersebut terlebih dahulu flashdisk dan hardisk harus bersih dari virus dengan menscan dengan antivirus kepercayaan Anda. Kalo aku sich memakai PCMAV untuk virus local dan Avira untuk Trojan / Malware yang membandel.

Setelah flashdisk dan hardisk bersih dari virus, lalu kita langsung coba mengembalikan file super hidden tersebut. Caranya dengan menggunakan Command Prompt dari Windows. Adapun langkah-langkahnya adalah:

1. Buka command prompt dengan cara klik Start – Run – dan ketik “cmd” (tanpa tanda petik). Atau Start – All Programs – Accessories – Command Prompt.
2. Setelah itu masuk drive dimana flashdsisk berada. Jika flashdisk berada di drive I maka cukup ketikkan i: kemudian enter.
3. Setelah masuk di drive i lalu ketikkan perintah ATTRIB –S –H /S /D lalu tekan enter.
4. Semua file yang tersembunyi tadi sekarang sudah kembali lagi.
5. Jika hanya ingin mengembalikan file Ms. Word cukup ketik perintah ATTRIB –S –H *.doc /S /D lalu tekan enter.
6. Jika hanya ingin mengembalikan file Ms. Power Point cukup ketik perintah ATTRIB –S –H *.ppt /S /D lalu tekan enter.


ATTRIB merupakan perintah dasar command prompt, kita dapat mengetahui perintah dasar command prompt lainnya dengan mengetikkan perintah HELP pada command prompt.

Jika ingin mengetahui lebih jelas tentang perintah dasar command prompt (misal: ATTRIB), kita bisa mengetikkan perintah ATTRIB/? maka akan muncul keterangan yang menjelaskan tentang ATTRIB.

0 comments: